Atom, Molekul Dan ION

Atom




Semua benda yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya merupakan kumpulan dari partikel-partikel yang sangat kecil. Partikel yang sangat kecil tersebut disebut atom. Misalnya besi tersusun dari atom-atom besi, begitu pula dengan emas tersusun dari atom-atom emas

Pengertian Atom

Atom berasal dari bahasa Yunani atomos (a=tidak, tomos=terbagi). Jadi atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi. Pemikiran tentang atom sudah ada sejak abad ke-4 Sebelum Masehi. Beberapa ilmuwan yang menyatakan pendapatnya tentang atom adalah Leucippus, Demokritus, Aristoteles, John Dalton, J.J. Thomson, Ernest Rutherford, Niels Bohr, James Chadwick, Werner Heisenberg dan Erwin Schrodinger.










Struktur Atom

Atom memiliki ukuran yang sangat kecil. Struktur atom terdiri dari elektron, proton dan neutron. Proton dan neutron adalah partikel-partikel yang menyusun inti atom (nukleon). Elektron adalah partikel yang mengelilingi inti atom dalam lintasan-lintasannya.
Perkembangan model atom dapat dilihat pada gambar berikut:

Model Atom Dalton
Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil


Model Atom J.J. Thomson
Atom terdiri dari materi bermuatan positif
dan dipermukaannya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis


Model Atom Rutherford
Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positip
dan elektron bergerak mengelilinginya

Model Atom Niels Bohr
Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron
yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan.
Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain
dengan menyerap atau memancarkan energi


Model Atom Modern
(Mekanika Gelombang)
Elektron tidak bergerak pada lintasan tertentu dan lintasan yang tepat
dari elektron tidak dapat ditentukan secara pasti.
Ada daerah di dalam atom di mana terdapat elektron.
Daerah ini disebut dengan awan elektron atau orbital



Notasi Atom
Salah satu cara memudahkan kita mempelajari struktur atom adalah melalui notasi atom.  Notasi atom menunjukkan jumlah elektron, proton dan neutron suatu atom. Secara umum penulisan notasi atom adalah sebagai berikut:


Keterangan:
X.
A.


Z.
Lambang Atom
Nomor Massa
Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron suatu atom.
Jumlah Neutron = nomor massa – nomor atom
Nomor Atom
Nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron suatu atom netral

Contoh: atom Karbon 12C, artinya atom karbon memiliki nomor massa 12, nomor atom 6, 6 neutron, 6 proton dan 6 elektron.


Contoh Struktur Atom


 





Molekul




Jika kita memotong kentang hingga bagian yang paling kecil, kita akan menemukan bagian terkecil dari kentang yaitu senyawa karbohidrat/glukosa yang disebut molekul. Kata molekul berasal dari bahasa latin, moles yang artinya kecil.
Molekul  merupakan partikel terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat-sifat zat tersebut. Molekul tersusun dari  minimal dua atom atau lebih. Molekul dapat tersusun dari atom-atom yang sejenis, tetapi dapat pula tersusun dari atom-atom yang tidak sejenis.



Pengertian Molekul

Molekul adalah gabungan dari  minimal dua atom atau lebih, baik atom-atom yang sejenis maupun atom-atom yang tidak sejenis. Berdasarkan jenis atom pembentuknya, molekul dibedakan menjadi: 1. molekul unsur, yaitu molekul yang tersusun oleh atom-atom sejenis
2. molekul senyawa, yaitu molekul yang tersusun oleh atom-atom yang tidak sejenis

Gambar Molimod
molekul unsur Oksigen (O2)



Gambar Molimod
molekul senyawa Karbondioksida  (CO2)



 

Struktur Molekul



  1. Molekul Unsur (molekul homoatom), terdiri dari molekul diatomik (tersusun dari dua atom) dan molekul poliatomik (tersusun lebih dari dua atom).
    Molekul diatomik contohnya Hidrogen (H2).
    Molekul poliatomik contohnya Fosfor (P4) dan Belerang (S8)
  1. Molekul Senyawa, partikel terkecil senyawa yang masih mempunyai sifat senyawa itu.
    Contoh air (H2O)

Berikut adalah contoh proses pembentukan:
 

 

Contoh Molekul


Molekul Rumus Kimia Atom Penyusun Struktur Kegunaan
U


N


S


U


R

Gas Oksigen

O2

Dua atom oksigen

Pernapasan
Pembentukan ozon

Gas Hidrogen H2 Dua atom hidrogen Pembuatan lampu
Gas Nitrogen N2 Dua atom nitrogen Pupuk urea
Gas Klorin Cl2 Dua atom klorin Pembuatan kertas
Iodin I2 Dua aton iodin Obat luka
Fosfor F4 Empat atom fosfor Korek api
Belerang (Sulfur) S8 Delapan atom belerang Obat gatal
S
E
N
Y
A
W
A
Air H2O Dua atom hidrogen, satu atom oksigen Sumber kehidupan
Karbon-dioksida CO2 Satu atom karbon, dua atom oksigen Penyegar minuman ringan
Amoniak NH3 Satu atom nitrogen, tiga atom hidrogen Pupuk
Glukosa C6H12O6 Enam atom carbon, dua belas atom hidrogen, enam atom oksigen Sumber energi bagi tubuh
Alkohol C2H5OH Dua atom karbon, enam atom hidrogen, satu atom oksigen Antiseptik
Asam
Asetat
CH3COOH Dua atom karbon, empat atom hidrogen, dua atom oksigen Cuka makan



Ion




Tidak semua senyawa tersusun atas molekul-molekul, beberapa senyawa ternyata berasal dari gabungan atom yang bermuatan listrik yang disebut ion. Ion pertama kali ditemukan pada tahun 1899 oleh fisikawan Jerman Julius Elster dan Hans Friedrich Geitel.

 

Pengertian Ion

Ion adalah atom atau kelompok atom yang bermuatan listrik. Ion dibedakan menjadi dua, yaitu ion yang bermuatan listrik positif disebut kation dan ion yang bermuatan listrik negatif disebut anion.

Contoh Kation dan Anion



Struktur Ion

Pada keadaan normal, suatu atom tidak bermuatan atau netral. Ion suatu atom akan terbentuk ketika atom melepas atau menerima elektron.
Ion positif atau kation terbentuk ketika sebuah atom kehilangan atau melepaskan elektron, contoh:
  Na → Na+ + e- (atom natrium Na, melepaskan satu elektron menjadi ion natrium bermuatan positip                            satu = Na+)
  Mg → Mg2+ + 2e- (atom magnesium Mg, melepaskan dua elektron menjadi ion magnesium               
                               bermuatan dua positip = Mg2+)
Ion negatif atau anion terbentuk ketika sebuah atom menerima atau mendapat tambahan elektron, contoh:
  Cl + e- → Cl- (atom klorin menerima satu elektron menjadi ion klorin bermuatan negatip satu = Cl-)
  O + 2e- → O2- (atom oksigen menerima dua elektron menjadi ion oksigen bermuatan dua
                          negatip = O2-).

Senyawa Ion

 


Suatu senyawa yang terusun dari ion-ion dinamakan senyawa ion. Contoh senyawa ion adalah soda api (natrium hidroksida = NaOH) yang tersusun dari ion positif natrium (Na+) dan ion negatif hidroksida (OH-).
Contoh lain senyawa ion adalah garam dapur (natrium klorida = NaCl). Jika garam dapur dilarutkan dalam air, maka akan terionisasi menjadi ion positif natrium (Na+)dan ion negatif klorida (Cl-).
Contoh penggabungan antara ion-ion positif dan ion-ion negatif beberapa senyawa ion lainnya diperlihatkan oleh tabel berikut:


Latihan





 

Tes



Tim

Tim Pengembang untuk materi "Atom, Molekul, dan Ion "

Penulis : Risky Amelia
Pengkaji Materi : Drs. Darsef, M.Si
Pengkaji Media : Aryo Gunung S.
Pemimpin Tim : Aryo Gunung S.
Pemrogram : Hardianto
Pendesain Grafis : Bambang Adrianto
Pengontrol Kualitas : Nasehadin

No comments:

Post a Comment

Labels

Alat Ukur (1) Alel (1) Alel Manusia (1) Anfisma (30) angka (1) awan (1) Bakteri (1) Bakteri dan Strukturnya (1) bilangan tetap (1) Biografi (1) Biografi Organisme (1) Biografi Organisme Dibumi (1) Biologi (81) Biologi Jaringan (5) Biologi SMP SMA SMK (34) Biologi Tumbuhan (14) Biotek Gen (1) Biotek Genetika (1) Biotek Obat-obatan (1) Biotek Produksi Obat (1) Biotek Sel (1) Biotekbnologi Genetika (1) Biotekbologi Sel (1) Bioteknologi (4) Bioteknologi Dalam Kedokteran (1) Bioteknologi Diindonesia (1) Bioteknologi Farmasi (1) Bioteknologi Hewan (1) Bioteknologi Kedokteran (2) Bioteknologi Manusia (1) Bioteknologi Obat (1) Bioteknologi Obat-obatan (1) Bioteknologi Pangan (1) Bioteknologi Produksi Obat (1) BTR (2) Ciri-Ciri Bakteri (1) Ciri-Ciri Dan Perkembangbiakan Bakteri (1) Ciri-Ciri Dan Struktur Bakteri (1) Daerah Biografi (1) Daerah Biografi Organisme (1) Darwin dan Teorinya (1) DNA (1) DNA dan RNA (1) DNA Hewan (1) DNA Manusia (1) Dunia Plantae (2) Ekologi (17) electricity (1) Evolusi (1) Evolusi Darwin (1) Evolusi Makhluk Hidup Teori Darwin (1) Fisika (42) fisika dasar (1) Fisika SMP SMA SMK (41) gaya (4) gaya berat (1) gaya gravitasi (1) Gen (5) Gen Dan Alel (1) Gen Manusia (2) Genetik (1) Genetik Kode (1) Genetika (5) global warming (2) hakikat (1) Hakikat biologi (1) Hakikat biologi sebagai ilmu (1) hakikat dan objek biologi (1) hujan (2) hujan buatan (1) hukum gravitasi newton (2) hukum newton (5) hukum newton 1 (1) Isaac Newton (3) Johannes Keppler (1) kalkulus (1) Kelainan (1) Kimia (5) Kimia SMP SMA SMK (5) Kode Gen (1) kode Genetik (1) Kode-Kode Genetik (1) konstanta (1) Kromosom (1) Kromosom Hewan (1) Kromosom Hewan Vertebrata (1) Kromosom Kelamin (1) Kromosom Manusia (1) Kromosom Massenger (1) Kromosom Pembawa Kode Genetik (1) Kromosom Tumbuhan (1) Letal Gen (1) listrik (1) Makalah (1) Makalah Profesi Pendidkan (1) Makanan (1) Makhluk Hidup (1) Manusia (1) mekanika celestial (1) Mikroorganisme (1) Modul Praktikum (1) Modul Praktikum Biologi (2) objek biologi (1) objek dan hakikat biologi (1) Otak (5) Otot-otot (3) Pekembangan Bioteknologi (1) pemanasan global (2) Pembawa Sifat Keturunan (3) pemuaian (1) Pencernaan (1) Pencernaan Makanan Manusia (1) Pencernaan Manusia (1) Penggunaan Biotek (1) Penurunan Sifat (3) Penurunan Sifat Melalaui Gen (3) Penyebaran Dan Biorafi Organisme Dibumi (1) Penyebaran Organisme Dibumi (1) perhitungan (1) Perkembangan Biotek (1) Perkembangan Biotek Diindonesia (1) Perkembangbiakan Bakteri (1) Persedian (4) Pertulangan Manusia (4) petir (2) PKN (12) PKN SMP SMA SMK (12) proses terjadi hujan (1) psikologi (4) RNA (1) RNA Duta (1) RNA Hewan (1) RNA Manusia (1) RNA Massenger (1) RNA Transfer (1) RNAd (1) RNAm (1) RNAt (1) rumus fisika (1) Sifat Keturunan Dibawah Oleh Gen (3) Sistem Makanan Pada Manusia (1) Sistem Pencernaan Makanan (1) Sistem Pencernaan Manusia (1) Sistem-sistem Pada Manusia (1) Struktur Bakteri (1) Teori Darwin (1) Teori Evolusi Darwin (1) Teori Evolusi Makhluk Hidup (1) teori gravitasi (2) termometer (1) usaha (1) waktu (1) Zoologivertebrata (1)